sejarah iphone

iPhone 4 adalah telepon genggam generasi ke 4 dari seri iPhone yang revolusioner. iPhone 4 dikenal sebagai smart-phone yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Apple Inc. untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan hiburan konsumennya. iPhone 4 adalah penyempurnaan dari generasi-generasi pendahulunya, yang dikembangkan dengan merujuk pada berbagai permintaan konsumen usai evaluasi yang dilakukan terhadap iPhone 3GS. Sebagai penerus dari iPhone 3GS, iPhone 4 secara spesifik dikembangkan dan dipasarkan untuk kebutuhan Video Call dan kegiatan konsumsi media lainnya seperti buku, film, musik dan akses internet. Berita peluncuran iPhone 4 pertama kali diumumkan pada tanggal 7 Juni 2010 di WWDC 2010 yang diadakan di Moscone Center, San Fransisco. Peluncuran iPhone 4 sendiri dilakukan pada tanggal 24 Juni 2010 dan pertama kali dipasarkan di lima negara yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang. Apple mematok harga USD 299 untuk satu unit iPhone 4 dengan kapasitas memori 32 GB dan USD 199 untuk kapasitas memori 16 GB. Harga yang dipatok setara dengan harga iPhone 3GS saat pertama kali diluncurkan.

Daftar isi

Sejarah

  • Sejarah iPhone dimulai saat Steve Jobs, CEO dari Apple Inc. memerintahkan ilmuwan-ilmuwan Apple untuk mempelajari secara lebih mendalam teknologi layar sentuh. Pengembangan dari unit iPhone itu sendiri dimulai nyaris 10 tahun sebelum iPhone pertama diluncurkan di pasaran. Pada tahun 1999, Apple mematenkan hak untuk menggunakan nama domain iphone.org Beberapa tahun kemudian, Apple mengumumkan rencana mereka untuk berinvestasi dalam bisnis telepon genggam.
  • Apple mengejutkan dunia pada tanggal 29 Juni 2007 saat mereka memutuskan untuk terang-terangan terjun ke dalam kancah persaingan bisnis telepon genggam. Secara ekslusif Apple menggaet AT&T Wireless sebagai mitranya untuk memasarkan iPhone 2G. Saat pertama kali dikembangkan, Apple hendak menjadikan iPhone unit telepon genggam yang memadukan fitur entertainment iPod dengan fungsi komunikasi sebuah telepon genggam. Lebih lagi iPhone 2G dilengkapi kamera berukuran 2 megapixel untuk kebutuhan foto. Pada akhir tahun 2007, iPhone sukses menjual lebih dari 3 juta unit iPhone 2G. Tidak berhenti sampai disitu saja, pada pertengahan tahun 2008, penjualan iPhone 2G bahkan menembus angka 6 juta unit. Walau terbilang revolusioner dan sukses sebagai unit telepon genggam yang mengkhususkan diri pada fitur hiburan dan akses internet, iPhone 2G dikritik khalayak ramai dan pengguna karena kemampuan akses internetnya yang masih terbatas.
  • Pada tanggal 11 Juni 2008, Apple memenuhi harapan para pengguna iPhone 2G dengan meluncurkan iPhone 3G yang merupakan penyempurnaan dari pendahulunya. iPhone 3G memiliki akses internet 3G yang cepat dan handal. Fitur utama yang diusung oleh iPhone 3G selain dari akses internet dan entertainment adalah interactive games yang berjumlah banyak. Walau demikian, iPhone 3G banyak dikritik oleh pengguna karena banyaknya Bug yang terselip dalam Sistem Operasi yang kerap mengakibatkan terjadinya error saat telepon dioperasikan.
  • Sebagai respon terhadap banyaknya masalah yang dihadapi oleh iPhone 3G, Apple secara sigap merilis iPhone 3GS yang merupakan penyempurnaan dari iPhone sebelumnya. Ada banyak perbedaan antara iPhone 3GS dan pendahulunya iPhone 3G. Di antaranya adalah penggunaan prosesor AAR 11 600 MHz pada iPhone 3GS, dimana iPhone 3G masih menggunakan prosesor ARM 11 412 MHz. Lebih lagi iPhone 3GS mendukung penggunaan piranti OpenGL ES 2.0, sedangkan iPhone 3G hanya mendukung penggunaan piranti OpenGL yes 1.1. Fitur yang paling menonjol dari iPhone 3GS tentu saja adalah kemampuan akses internetnya yang jelas jauh lebih cepat dan handal disbanding dengan seri iPhone 3G. iPhone 3GS juga dilengkapi teknologi nirkabel HSDPA WiFi dengan kapasitas 7.2 MB dan Bluetooth 2.1. Dari segi perangkat keras, berbeda dengan iPhone 2G dan 3G yang masih menggunakan kamera 2 megapixel, Apple melengkapi iPhone 3GS dengan kamera 3,5 megapixel. iPhone 3GS juga menjadi iphone pertama yang memiliki fitur merekam video. iPhone 3GS terbukti sukses di pasaran dengan 3 Juta unit terjual hanya dalam kurun waktu 3 hari dan download 10 juta aplikasi untuk iPhone 3GS oleh para pengguna yang terjadi dalam 2 - 3 minggu berikut.
  • Tingkat penjualan iPhone 3GS sama sekali tidak terpengaruh oleh resesi ekonomi yang tengah terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1999. Oleh karena kesuksesan produk iPhone 3GS di pasaran, Apple tercatat sebagai satu dari sedikit perusahaan yang mengalami profit raise sebesar 15%, angka yang didapat dari penjualan 2,6 juta Mac dan 5,2 juta unit iPhone 3GS. Sebuah survey yang dilakukan RBC Capital Markets membuktikan bahwa 99% pengguna iPhone sangat puas dengan produk ini, dengan 82% pengguna menjawab “sangat puas” saat mengambil survey, 73% memberikan ranking tinggi, dan 94% konsumen merasa produk iPhone 3GS memenuhi semua tuntutan mereka terhadap seri iPhone dan bahkan lebih.

iPhone 4

  • iPhone 4 dikembangkan untuk memenuhi tuntutan pengguna iPhone yang mengharapkan hadirnya fitur Video-Call. Usai riset dan pengembangan yang memakan waktu berbulan-bulan, ditambah beberapa kebocoran terhadap informasi pengembangan iPhone 4, pada tanggal 24 Juni 2010 iPhone 4 akhirnya dipasarkan serentak di lima negara besar yakni Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang.
  • Bentuk fisik iPhone 4 masih menyerupai iPhone 3GS, tapi piranti lunak atau software yang digunakan, ditambah beberapa kelengkapannya sama sekali berbeda. Ikat stainless perak yang melingkari sisi iPhone 4 adalah sistem antena. Terdapat dua kamera pada unit iPhone 4 yakni kamera depan yang dinanti-nanti banyak pengguna setia, dan kamera belakang yang dilengkap LED Flash, ditambah tampilan resolusi tinggi yang menggandakan semua pixel (960 x 640) hingga terjadi peningkatan yang signifikan dari akumulasi total pixel, yakni hingga 4 kali lipat tampilan layar iPhone 3GS. Apple menyebut tampilan ini sebagai Retina Display. Tampilan Retina Display pada layar iPhone 4 memiliki resolusi dan rating 326 ppi. Menurut Apple, resolusi pada angka ini berada di luar batasan kemampuan mata manusia untuk menangkap pixel pada gambar. Sebagaimana halnya iPad, iPhone 4 juga menawarkan tampilan IPS dengan kontras 800:1. Di bawah sampul iPhone teradapat chasis yang 25 % lebih tipis dari iPhone 3GS dan sebuah prosesor A4 yang juga menjadi jantung pengoperasian iPad. Menurut Apple, baterai iPhone 4 mampu bertahan untuk 7 Jam percakapan 3G, 6 jam browsing 3G, 10 jam browsing WiFi, 10 jam Video, dan 40 jam untuk musik. Fitur WiFi terbaru yakni versi 802.11n diaplikasikan pada iPhone untuk menunjang kebutuhan akses internet. Lebih lagi, kamera pada iPhone 4 kini berukuran 5 megapixel dengan kemampuan zoom hingga 5 kali dan juga dilengkapi dengan “backside illuminated sensor”, dan mampu merekam video definisi tinggi pada 720p/30fps. iPhone 4 tersedia dalam warna hitam dan putih dengan harga USD 199 untuk kapasitas memori 16 GB dan USD 299 untuk kapasitas 32 GB.

Spesifikasi

  • Kapastitas: 16GB atau 32 GB
  • Display: Retina Display/3.5-inch (diagonal) widescreen Multi-Touch display/Resolusi 960 x 640 pixel, dengan 326 ppi/Kontras Rasio 800:1/Fingerprint-resistant oleophobic coating pada bagian depan dan belakang/Mendukung tampilan beberapa bahasa dan karakter secara simultan/Kamera, Foto, Video: Rekaman Video HD (720p) up to 30 fps, Kamera 5MP, Kamera depan VGA dengan 30 fps, LED flash, Fitur Geotagging pada foto dan video
  • Audio: Respon frekuensi 20Hz to 20.000 Hz/Format Audio: AAC (8 to 320 Kbps), Protected AAC (from iTunes Store), HE-AAC, MP3 (8 to 320 Kbps), MP3 VBR, Audible (formats 2, 3, 4, Audible Enhanced Audio, AAX, and AAX+), Apple Lossless, AIFF, dan WAV
  • TV dan Video: Format Video H.264 video up to 720p/ 30 frames per second/ Main Profile level 3.1 with AAC-LC audio up to 160 Kbps, 48kHz/ stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats/ MPEG-4video, up to 2.5 Mbps, 640 by 480 pixels, 30 frames per second, Simple Profile dengan AAC-LC audio up to 160 Kbps per channel, 48kHz, stereo audio in .m4v, .mp4, and .mov file formats; Motion JPEG (M-JPEG) up to 35 Mbps, 1280 by 720 pixels, 30 frames per second, audio in ulaw, PCM stereo audio in .avi file format/ Mendukung resolusi 1024×768 pixel, dengan dock connector to VGA sebesar 576p dan 480p.
  • Selular dan Nirkabel: UMTS/HSDPA/HSUPA (850, 900, 1900, 2100 MHz)/ GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz)/ 802.11b/g/n Wi-Fi (802.11n 2.4GHz)/ Bluetooth 2.1 + EDR wireless technology
  • Fitur Lokasi: A-GPS/ Kompas digital/ Wi-Fi
  • Baterai dan Daya: Baterai lithium-ion yang dapat di charge/ Power USB via PC/Mac/ Talk time up to 7 jam (3G), up to 14 jam (2G)/ Waktu Standby: 300 jam/ Penggunaan internet up to 6 jam (3G), up to 10 jam (WiFi)/ Rekaman Video: up to 10 jam/
  • Rekaman Audio: Panjang rekaman audio 40 Jam ++

Fitur

  • FaceTime dan iOS 4: FaceTime adalah mahakarya yang tercipta dari harmonisasi kerja piranti lunak dan piranti keras iPhone 4. Penggunaan fitur-fitur iPhone 4 dengan iOS4 sebagai sistem pengoperasiannya terbilang mudah. Cukup dengan satu sentuhan saja, seorang pengguna iPhone 4 dapat melakukan Video-Call dengan teman atau anggota keluarga sesama pengguna iPhone 4.
  • Pusat Game: iOS 4 memperkenalkan fitur aplikasi Game Center, sebuah inovasi untuk permainan jejaring sosial yang dikhusukan untuk iPhone 4 Dan iPod Touch. Aplikasi ini memungkinkan seorang pengguna iPhone 4 untuk bermain bersama pengguna lainnya di dalam satu sel yang sama (Multi-player platform). Dengan demikian sesama pengguna iPhone 4 atau iPod Touch dapat berkerjasama untuk menyelesaikan sebuah permainan, atau berkompetisi satu sama lainnya.
  • Multitasking: Dengan iOS 4 sebagai sistem operasi iPhone 4, fitur multi-taksing yang dihadirkan tampil lebih apik. Pengguna iPhone 4 dapat mengakses ragam aplikasi pada waktu bersamaan dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa hambatan berarti.
  • Wadah aplikasi terbesar dunia: iPhone 4 memiliki kurang lebih 250,000 aplikasi yang dapat dikelompokkan dalam ragam kategori. OS 4 adalah platform yang mampu menampung koleksi terbesar aplikasi-aplikasi telepon genggam. Apple memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan pengembang aplikasi dan program untuk berkreasi dan membuat ragam aplikasi yang dapat digunakan oleh iPhone 4.
  • Performa dan stabilitas sistem operasi iOS4: iOS 4 adalah sistem operasi sekelas sistem operasi untuk desktop PC (Personal Computer) yang telah didesain ulang untuk kebutuhan telepon genggam. Karena menggunakan sistem operasi computer canggih — Mac OS X — performa dari iOS 4 terbilang cepat dan stabil. iOS 4 mengonsumsi dan mendistribusikan daya secara efisien untuk menjaga kadar tenaga yang tersimpan dalam baterai. Dari segi multi-tasking, iOS 4 dapat mengoperasikan banyak aplikasi pada waktu bersamaan — iOS 4 tidak bekerja secara lambat walau mengoperasikan banyak aplikasi secara bersamaan, dan lebih lagi tidak sembarang menyerap energi dari baterai.
  • Piranti keras dan piranti lunak dibuat untuk saling melengkapi: Apple memproduksi sendiri piranti lunak dan piranti keras iPhone 4 dan semua seri sebelumnya. Oleh karena alasan ini kedua piranti mampu berkerja secara sinkron dan menghasilkan performa yang baik. Integrasi yang baik antara piranti lunak dan piranti keras ini memungkinkan software dari iPhone tampil secara maksimal pada fitur piranti keras seperti Retina Display, Multi-Touch interface, accelerometer, gyro dengan tiga axis, GPS, grafis, dan banyak lagi. FaceTime adalah contoh sempurna harmonisasi antara piranti lunak dan piranti keras iPhone 4. Fitur ini mendayagunakan kamera, the display, one of the two microphones, and your Wi-Fi connection. If you’re on a voice call with someone and want to start a video call, FaceTime switches mics, turns on the front camera, and verifies your Wi-Fi connection — quickly and invisibly.
  • Memiliki fitur keamanan yang handal: Berbeda dengan iPhone 3GS yang itur keamanan yang rentan saat akses situs, iOS 4 yang digunakan oleh iPhone 4 terbilang aman dari gangguan eksternal. Sistem pertahanan yang diusung oleh iOS 4 dirancang sedemikian rupa agar semua aplikasi iPhone 4 bekerja dalam lingkungan yang aman terjaga – bebas dari intervensi situs atau aplikasi lain yang mencoba mengakses data di iPhone pengguna. iOS 4 mendukung encrypted network communication yang bertujuan melindungi semua informasi yang disimpan dalam sebuah iPhone 4. Lebih lagi sistem operasi “Parental Control” atau bimbingan orang tua memungkinkan pengguna mengunci akses terhadap materi yang sifatnya provokatif. Untuk keamanan, iPhones dibangun dengan fitur kode masuk bila hendak mengakses telepon, dan memungkinkan penghapusan data secara otomatis apabila kesalahan dalam pemasukan kode masuk melebihi batas yang sudah ditentukan. Lebih lagi bila iPhone 4 seorang pengguna hilang atau dicuri, pengguna dapat meminta operator untuk mencarinya dengan menggunakan “tracker” yang terpasang di dalam unitnya.
  • Berguna untuk keperluan bisnis: Banyak perusahaan di dunia memilih iPhone sebagai telepon genggam utama karena fitur-fitur bisnis yang ditawarkan seri ini. iOS 4 bekerjasama dengan Microsoft Exchange dan banyak server untuk pengiriman email, calendar dan kontak. iOS4 melindungi data pengguna dengan mentranslasi data di tiga area yang berbeda, dalam transmisi, dalam unit iPhone 4 itu sendiri dan cadangan data disimpan di iTunes. Pengguna iPhone 4 dapat dengan mudah mengakses jaringan personal perusahaan melalui protokol VPN standar industry. Keluhan dapat dengan mudah dikirimkan iPhone dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan melakukan konfigurasi pada profil.
  • Dapat diakses oleh semua orang: iOS 4 dibuat dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunaannya. Voice recognition sebagai contoh memudahkan seorang pengguna untuk mencari file, data, atau kontak yang ia butuhkan.
  • Universal: iPhone dan iOS 4 dikembangkan secara khusus agar dapat digunakan di setiap belahan dunia. Fitur user interface diaplikasikan dalam lebih dari 30 bahasa, and seorang pengguna dapat dengan mudah bertukar dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Karena keyboard yang digunakan oleh iPhone 4 berdasarkan sebuah piranti lunak, seorang pengguna dapat memilih lebih dari 40 keyboard dengan karakter berbeda seperti alphabet, kanji Cina dan kanji Jepang. Sebagai tambahan, kamus yang dimiliki oleh iPhone 4 tersedia dalam lebih dari 40 bahasa dan dialek yang berbeda. Voice-Over membaca layar dalam 33 bahasa, and Voice-Control memahami 24 bahasa.
  • by wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
|++| Selamat Datang Di Blog Deni |++| © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes